Minggu, 05 Mei 2013

KULINER KOTA PANGGUL

TANJUNG PESONA

Berada di lintasan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Dari jembatan Gedangan; yang merupakan gerbang masuk desa Wonocoyo dari arah Trenggalek, hanya berjarak sekitar 50 meter. Berada di kanan jalan dengan bangunan menghadap ke persawahan yang cukup luas.
Menu makanan di Tanjung Pesona  cukup beragam. Ada Bakso, Kikil, Sop Buntut Sapi, Ayam Bakar, Gurame Bakar, Rendang, Ayam Goreng dan masih banyak lagi. Hanya yang paling special adalah Anda bisa dapatkan beraneka masakan  Ikan Laut asli dari Kota Panggul. Tak heran, kota Panggul memang dikenal juga sebagai Kota Pantai penghasil ikan.


WARUNG POJOK

Setelah dari Tanjung Pesona, perjalanan Anda sekitar 50 meter ke depan akan sampailah di Simpang Tiga Ngloji. Belok ke kiri adalah   jalan ke Sudimoro, Ngadirojo Pacitan. Yang lurus ke Utara menuju Pusat Kota Panggul dan kalau dilanjutkan akan sampai di Kabupaten Ponorogo.
Di Simpang Tiga Ngloji inilah Warung Pojok berada. Masakan khas Padang diusung dengan sempurna. Berbagai menu tersaji dan Anda tinggal pilih. Lagi-lagi, ikan laut adalah andalan Warung Pojok yang banyak diserbu pengunjungnya.
Gulai Ikan Tuna 300x225 WISATA KULINER DI DESA WONOCOYO


BAKSO MAK NYANG

Di jajaran dunia Kuliner, “MAK NYANG’ adalah sebuah nama yang cukup besar di Tulungagung. Kalau kemudian juga membuka cabang di Panggul, selain disebabkan pemiliknya  asli berasal dari desa Wonocoyo karena memang adanya peluang prospek yang cukup bagus.
Di desa Wonocoyo, Bakso Mak Nyang bersinggasana di depan Lapangan Wonocoyo. Dengan ornamen-ornamen bangunan yang terbuat dari bambu. Terkesan Naturalis.
Bakso Mak Nyang begitu khas. Dalam baksonya ada buah anggur yang jika digigit terasa Mak Nyuuussssss…..!  Anda harus mencoba.

NASI PECEL BU ISAH

Warung nasi pecel Bu Isah dapat dibilang nenek moyang dari nasi pecel di kota Panggul. Karena boleh dibilang warung inilah yang pertama kali menawarkan menu Nasi Pecel di kota Panggul. Pada saat itu warung makan di kota Panggul  kebanyakan hanya menawarkan  Nasi Soto atau Nasi Bumbu Rujak.
Warung Nasi Pecel bu Isah dapat ditemukan  di depan Pasar Panggul. Dengan cara penghidangan yang masih menggunakan piring yang dialasi daun pisang seperti mencoba tidak mau kehilangan aroma naturalisnya.

WARUNG SATE

Bagi wisatawan yang hobi mengkonsumsi Sate, Sate Kambing Segar, tempat yang bisa dituju lumayan beragam pula. Sebut saja :
SATE PAK MALI, yang berada di sebelah Pasar Hewan Wonocoyo.
SATE BU AYUK, bisa anda jumpai di dalam terminal Panggul.
SATE CAK GENOT, tepat di depan Kios Pasar Panggul, dan
SATE MADURA CAK RONI, mangkal di depan Rumah Praktek dr. Suhartono Panggul. Selain Sate kambing di sate Madura ini anda juga bisa mendapatkan sate ayam.

NASI PECEL PAK JUNAIDI

Adalah nasi pecel yang dikemas dengan saderhana. Banyak kalangan yang menyukainya. Karena selain rasanya yang juga turut bersaing; dengan aroma daun kemangi yang segar, harganya pun bisa dijangkau oleh semua kalangan. Ini menjadi trend yang cukup terkenal di kota Panggul. Nasi Pecel Pak Junaidi bermarkas di depan Telkom Kecamatan Panggul.

1 komentar: