Senin, 21 April 2014

ANTARA PANTAI PELANG, PANTAI BALEKAMBANG, DAN TANAH LOT BALI

Pantai Pelang di Kota Panggul Trenggalek
Bagi sebagian besar masyarakat Trenggalek tentu tidak asing dengan salah satu Objek Wisata di Kota Panggul ini, yaitu Pantai Pelang yang terletak 57 km sebelah barat daya Kota Trenggalek. Selain terkenal dengan air terjunnya, di pantai ini juga mempunyai ciri khas sebuah pulau batu kecil yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Hal ini tidak jauh beda jika dibandingkan dengan Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang dan Tanah Lot di Bali. Tetapi di kedua pantai tersebut terdapat bangunan Pura di Pulau kecil tersebut.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang lebih berkembang daripada Pantai Pelang. Pantai ini terletak 45 km sebelah selatan Kota Kepanjen Kabupaten Malang atau 65 km dari Kota Malang. Akses jalan dan keberadaan fasilitas umum lebih banyak tersedia karena Kota Malang sendiri merupakan salah satu kota wisata di Jatim, sedangkan Pantai Balekambang tidak jauh dari objek wisata unggulan lainnya yang ada di Malang Raya. Salah satu ciri khas pantai ini adalah Pura kecil di pulau batu yang sangat mirip dengan Tanah Lot Bali. Sepertinya pantai ini sudah lebih lama berkembang dan Pura tersebut sepertinya juga sudah dibangun sejak lama.
    
Tanah Lot Bali
Siapa yang tidak tahu salah satu andalan objek wisata di Pulau Dewata Bali. Namanya Tanah Lot yang terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan.Ciri khas pantai ini juga terdapat Pura yang dibangun di sebuah pulau batu kecil. Konon Pura tersebut dibangun sejak Abad 16 pada masa Kerajaan. Hingga saat ini lokasi Tanah Lot masih dipergunakan sebagai tempat ibadah bagi warga Bali yang kebanyakan masih menganut agama Hindu. Pada hari-hari besar keagamaan Hindu tempat selalu ramai baik oleh warga Bali sendiri dan wisatawan.
Melihat kedua wisata tersebut saat ini muncul ide/wacana/gagasan untuk mengembangkan salah satu tempat wisata andalan di Kota Panggul. Dengan semakin mudahnya akses masyarakat untuk menjangkau pantai ini melalui Jalan Lintas Selatan Jawa, diperkirakan ke depan Pantai Pelang akan semakin banyak dikenal dan menjadi salah satu andalan Objek Pariwisata di Jawa Timur. Pada tahun 2012 Pantai ini adalah The Winner of Anugerah Wisata Nusantara Jawa Timur. Beberapa investor juga pernah melakukan penjajakan untuk mengembangkan kawasan ini menjadi Ancolnya Trenggalek sekelas dengan Wisata Bahari Lamongan, Pantai Kenjeran, dll.
      
New Pelang Beach
Untuk pengembangan lebih lanjut tentunya harus diberikan ciri khas bagi Pantai Pelang ini layaknya Pantai Balekambang dan Tanah Lot dengan Puranya. Mengingat mayoritas penduduk Jawa adalah beragama Islam maka muncul sebuah ide untuk membangun Mushola kecil di pulau batu Pantai Pelang disertai dengan jembatan. Mungkin ini hanya sebuah wacana dan sangat berharap dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek untuk memperhatikan lebih lanjut ide ini. Gimana apa teman-teman setuju? Salam (And)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar