Minggu, 01 Januari 2012

PANTAI PELANG (Pelang Beach)



Pantai Pelang terletak di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul 52 km barat daya Kota Trenggalek dengan luas pantai 10 ha dan panjang 2 km. Karakteristik Pantai Pelang adalah lebar dan panjang dengan deburan ombak dan angin yang cukup kencang yang mengundang sensasi untuk aktivits berenang/bermain (dalam pengawasan). Di kawasan ini juga terdapat air terjun dengan ketinggian 25 meter yang dapat untuk mandi dan membuat awet muda, terdapat bukit yang dapat untuk melihat panorama laut lepas dan goa di bawah bukit karang dengan kedalaman ±500 meter.
Tanah Lot Panggul
ATRAKSI
Bermain ombak/mandi (dalam pengawasan), mandi di air terjun, berkemah dan olahraga, panggung hiburan berkala, menikmati panorama laut bebas.
Air Terjun Pelang
FASILITAS
Warung dan kios, rest area, camp ground, gardu pandang, toilet, mushola, taman bermain anak (kolam renang), parkir, rescue, listrik, asuransi jasa raharja. Untuk jasa penginapan ada Penginapan Purnama dan Hotel ratu yang berada di Pusat Kota Kecamatan Panggul dengan jarak 1-2 km dari Pantai Pelang.


PROSEDUR KUNJUNGAN
Waktu kunjung setiap hari dari pukul 07.00 s.d 17.00 dengan KTM hari biasa Rp. 4000, liburan/hari raya dan tahun baru Rp. 6000, kegiatan atraksi Rp. 10.000. Parkir rda dua Rp. 2000, roda empat Rp. 4000, roda enam Rp. 6000 dengan perlakuan untuk rombongan dengan jumlah lebih dari 10 orang dapat diskon 20%. Pick season pada hari minggu, libur sekolah, lebaran dan tahun baru.

AKSES
Letak Pantai Pelang ini berada sebelah barat daya 52 km dari Kota Trenggalek. Ada beberapa alternatif akses jalan dan transportasi sebagai berikut:
  1. Dari Surabaya dapat melalui Kediri - Tulungagung - Trenggalek jika menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan transportasi bus kemudian oper bus/minibus jurusan Lorok/Pacitan atau MPU jurusan Panggul. Dapat juga menggunakan jasa travel seperti Paradimas, Bima, Argopuro (Panggul - Surabaya PP) atau Cahaya Mulya (Lorok - Surabaya PP)
  2. Dari Malang melalui Blitar - Tulungagung - Trenggalek, dari Trenggalek dapat menggunakan moda transportasi bus/minibus jurusan Lorok/Pacitan atau menggunakan MPU. Jasa travel juga dapat menggunakan Giant (Lorok - Malang PP)
  3. Dari Madiun untuk dapat melalui Ponorogo - Trenggalek - Panggul atau Ponorogo - Pacitan - Panggul. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Ponorogo dapat memllui Ngrayun - Pule - Panggul tetapi dengan kondisi jalan yang tidak direkomendasikan.
  4. Dari Yogyakarta/Surakarta (Solo) dapat melalui Wonogiri - Pacitan - Panggul melalui Jalan Lintas Selatan (JLS) Jawa. Ada juga beberapa travel dari Yogyakarta seperti Cahaya Mulya yang dapat oper di Lorok.
  5. Dari Tulungagung dapat melalui Prigi - Munjungan - Panggul (tahap pembangunan)
Pantai Pelang saat Hari Raya

2 komentar:

  1. angkutan dari pacitan ke panggul rame nggak....
    ada planing dalam waktu dekat k pantai pelang dan kili kili, kalau di tempuh pakai angkutan umum dari kudus jateng lebih efisien lewat solo wonogiri pacitan panggul. atau solo kertosono trenggalek panggul?
    mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  2. Adakah batasan hari untuk camping di Pantai Pelang? Mohon pencerahannya :-)

    BalasHapus